Batu akik langka dan mahal di dunia

Batu akik langka dan mahal di dunia
Jadeite termahal
Batu akik saat ini sudah menjadi tren yang sangat populer di kalangan masyarakat dunia termasuk di Indonesia sendiri. Beraneka ragam batu akik telah di dapatkan oleh para pemburu batu akik, mereka mendapatkan dengan berbagai cara dan tehnik mulai dari secara manual sampai dengan cara magis. 

Kemampuan dalam mencari batu mulia yang di lakukan oleh mereka sangat beragam dan memiliki keahlian tersendiri, hingga terdengar hanya gara-gara berburu batu akik, nyawa harus melayang.

Sunguh, pengorbanan yang luar biasa jika di bandingkan dengan profesi pekerjaan lain. Selain beresiko tinggi juga memiliki keunikkan tersendiri.

Batu akik yang beredar sangat banyak mulai dari kualitas yang biasa saja sampai dengan yang unik dan memiliki harga yang sangat mahal. Luar biasa, daya tarik batu akik saat ini.

Batu akik yang langka dan unik ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu dan di bentuk sesuai kebutuhan pemilikya, ada yang di gunakan untuk Liontin, Cincin, Bros, Gelang dan masih banyak lagi bentuk lain.

Saat ini terdapat beberapa batu akik yang sangat langka dan terbilang paling mahal di dunia. Batu akik mulia jenis ini sangat jarang terdapat di muka bumi ini dan karena keunikkannya banyak masyarakat dunia terpesona olehnya.

Berikut ini beberapa batu akik yang langka dan paling mahal di dunia seperti yang di lansir oleh listverse.com dan carapedia.com antara lain.

1. JADEITE.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Konon batu yang pernah menjadi misteri ini memiliki nilai US$ 3 juta per karat. Wow,,, suatu harga yang sangat fantastis. Pernah pada tahun lalu sekitar 1997 di Hongkong terjadi transaksi sebuah kalung berliontin Jadeite, seharga US$ 9,3 juta atau setara dengan harga Rp. 109,4 milyar, untuk kurs mata uang saat ini.

Menurut berita tersebut batu jenis ini dapat di temukan di California (Amerika serikat), Rusia, Canada, Italia, Guatemala, Jepang, Selandia baru dan Myanmar.

2. RED DIAMOND.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Karena keunikkannya batu jenis ini juga termasuk sangat sedikit jumlahnya dan sulit untuk di dapatkan di belahan bumi ini. Menurut informasi yang terkait batu ini memiliki nilai lebih dari US$ 2,5 juta atau jika di kurs rupiah menjadi sekitar Rp. 29,4 milyar per karatnya. Pernah ada satu perusahaan yang menjual jenis batu ini adalah Leibish.co

Nilai nominal yang tidak sedikit jika di bandingkan dengan bentuk batu yang di belinya. Wow,,, fantastis...

3. SERENDIBITE.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Pertama kali di temukan di negara Sri lanka, tepatnya di daerah Gangapitiya-Ambakotte pada tahun sekitar 1902. Kata "SERENDIBITE" berasal dari kata "SERENDIB" adalah sebutan nama Sri lanka dalam bahasa Arab kuno.

Batu Serendibite yang dapat di temukan di Sri lanka di bagi menjadi 3 jenis yaitu antara 0,35 karat, 0,55 karat dan 0,56 karat. Sementara harga batu ini senilai sekitar US$ 2 juta per karatnya. Sangat istimewa sekali batu ini.

4. BLUE GARNET.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Batu akik langka dan termahal di dunia selanjutnya adalah "Blue Garnet". Batu jenis ini memiliki banyak warna seperti biru, merah, kuning, hijau, oranye dan masih banyak lagi warna yang lain. Harga batu garnet ini senilai US$ 1,5 juta per karatnya.

Saya juga memiliki "Garnet" tapi sayang bukan batu mulia yang di maksud tapi "Garnet" nama saudara saya... Hehe

5. PAINITE.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Konon jenis batu ini di temukan di Myanmar oleh salah seorang peneliti dari Inggris bersama seorang agen permata Arthur sakit, pada tahun sekitar 1950. Saat di teliti di ketahui bahwa susunan kimia dari batu permata ini adalah kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen. Jika di rumuskan adalah  ( CaZrA19O15 (BO3)).

Karena sampai saat ini sudah tidak pernah ada lagi terdengar keberadaannya, maka jenis batu ini sudah sangat langka. Sementara saat itu per karatnya senilai US$ 60.000

6. GRANDIDIERITE.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Satu lagi batuan mulia yang sangat langka dan susah untuk di dapatkanya, adalah "Grandidierite". Jenis batu ini pertama kali di temukan di Madagaskar selatan sekitar tahun 1902. Nama batu ini merujuk pada penemunya yaitu "ALFRED GRANDIDIER." yang secara tidak sengaja menemukannya pada saat melakukan studi sumber daya alam di Madagaskar yang di lakukan pada tahun 1826 - 1912.

Setelah di lakukan penelitian, batu jenis ini mengandung beberapa mineral seperti besi, silikon, boron, oksigen, aluminium dan magnesium. Harga batu ini adalah US$ 50.000 per setengah karatnya.

7. MUSGRAVITE.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Batuan langka selanjutnya adalah jenis "MUSBRAVITE ". Batu jenis ini konon pernah di temukan di Australia selatan pada tahun 1967. Awalnya pemahaman tentang jenis batu ini sama dengan jenis batu "taafeite". Karena masih meragukan sehinga publikasi batu ini di mulai sejak 1993. Untuk membedakan kedua jenis batu ini dengan menggunakan analisis sinar X-ray. Harga batu ini US$ 35.000 per karatnya.

8. RED BERYL EMERALD.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Konon batu ini pertama kali di temukan di Utah dan mexico. Batuan langka ini juga sangat jarang di temukan kembali sejak sekitar 1990 sehingga menjadi sangat langka dan mahal. Harga batu ini berkisar sekitar US$ 10.000 per karatnya.

9. BLACK OPAL.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Jika Anda ingin mendapatkan Black Opal terbaik maka Anda bisa pergi ke Australia. Karena negara ini penghasil Black opal terbanyak di dunia. Menurut media yang di lansir hampir 95% batu Black opal yang beredar di muka bumi ini berasal dari Australia. Harga berkisar sekitar US$ 2.355 per karat.

10. JEREMEJEVITE.
Batu akik langka dan mahal di dunia

Batu yang bening kebiruan ini termasuk koleksi batu langka berikutnya. Batu mulia ini berasal dari Namibia dan di bandrol dengan nilai US$ 2.000 perkaratnya.
Bagaimana,,, Anda pilih yang mana?


SHARE THIS

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

5 komentar:

  1. Info menarik. Saat ini, Batu akik menjadi Perhiasan yang digemari oleh banyak orang. Jika kamu tertarik untuk melihat model perhiasan terbaru, silakan Anda KLIK DISINI>>Perhiasan. Jika kamu ingin membuat kalung nama, silakan kamu KLIK DISINI>>Kalung Nama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Maaf komentar Anda kami hapus!

      Hapus
  2. Balasan
    1. Coba berkunjung yah, apa benar gudangnya batu akik,, Hehe

      Hapus